Dalam persiapan menghadapi Ujian Nasional 2013, banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan hasil yang memuaskan, contohnya seperti memprediksi indikator soal yang akan dikeluarkan dalam ujian yang berdasar pada kisi-kisi UN 2013 yang telah ditetapkan oleh BSNP. Hal ini sangat membantu kita dalam belajar menjadi lebih terarah, fokus dan lebih mendetail. Namun tidak menutup kemungkinan kita juga harus mempelajari materi-materi lainnya yang tidak ada di kisi-kisi UN 2013 guna berjaga-jaga agar tidak kecolongan ntar, hehe5..
Nah, berikut ini analisis kisi-kisi soal UN 2013 yang ditulis oleh Marsudi Prahoro, S.Pd yang diunggah dalam blognya mgmpmatsatapmalang.wordpress.com. Dalam analisis kisi-kisi soal ini diberikan beberapa prediksi indikator soal alternatif untuk setiap indikator UN yang ada, sehingga kita bisa memprediksi soal-soal apa saja yang kemungkinan besar akan dikeluarkan di dalam Ujian Nasional 2013 khususnya untuk mata pelajaran Matematika SMP.
Jika Anda ingin mendapatkan Analisis Kisi-Kisi SOal UN 2013 Matematika SMP secara lebih lengkap bisa Anda download dengan meng-klik link berikut ini :
Jangan lupa juga membaca rangkuman materi, prediksi soal, pembahasan UN tahun-tahun sebelumnya dan berbagai mata pelajaran lainnya serta rumus cepat yang bisa Anda dapatkan di blog ini.
Selamat membaca dan semoga bermanfaat..
Nah, berikut ini analisis kisi-kisi soal UN 2013 yang ditulis oleh Marsudi Prahoro, S.Pd yang diunggah dalam blognya mgmpmatsatapmalang.wordpress.com. Dalam analisis kisi-kisi soal ini diberikan beberapa prediksi indikator soal alternatif untuk setiap indikator UN yang ada, sehingga kita bisa memprediksi soal-soal apa saja yang kemungkinan besar akan dikeluarkan di dalam Ujian Nasional 2013 khususnya untuk mata pelajaran Matematika SMP.
No
|
Kompetensi
UN 2013
|
Indikator UN 2013
|
Prediksi Soal UN 2013
|
1.
|
Menggunakan konsep operasi hitung
dan sifat-sifat bilangan, perbandingan, bilangan berpangkat, bilangan akar,
aritmetika sosial, barisan bilangan, serta penggunaannya dalam pemecahan
masalah..
|
1.
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan operasi tambah, kurang, kali, atau bagi pada
bilangan.
|
1.
Konsep
operasi bilangan campuran,
2.
Aplikasi
operasi bilangan pada kehidupan sehari-hari
|
2.
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan perbandingan.
|
1.
Perbandingan
senilai
2.
Perbandingan
berbalik nilai
3.
Aplikasi
perbandingan dalam kehidupan sehari-hari
|
||
3.
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan operasi
bilangan berpangkat atau bentuk akar
|
1.
Mengubah
bentuk akar ke pangkat pecahan
2.
Mengubah
bentuk pangkat peahan ke bentuk akar
3.
Menentukan
hasil operasi penjumlahan bilangan beentuk akar atau bilangan pangkat pecahan
4.
Menentukan
hasil operasi pengurangan bilangan bentuk akar atau bilangan pangkat pecahan
5.
Menentukan
hasil operasi perkalian bilangan bentuk akar atau bilangan pangkat pecahan
6.
Menentukan
hasil operasi pembagian bilangan bentuk akar atau bilangan pangkat pecahan
|
||
4.
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan perbankan atau koperasi dalam aritmetika sosial
sederhana
|
1.
Menentukan
besarnya angsuran peer bulan
2.
Meneentukan
waktu/lama tabungan
3.
Mentukan
besarnya bunga per tahun
4.
Menentukan
besarnya tabungan awal
|
||
5.
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan barisan bilangan dan deret.
|
1.
Menentukan
suku ke-n (Un), jika unsur-unsur yang diperlukan dari barisan aritmatika
diketahui
2.
Menentukan
suku ke-n (Un), jika unsur-unsur yang diperlukan dari barisan geometri diketahui
3.
Menyelesaikan
masalah sehari-hari yang berkaitan dengan baisan aritmatika
4.
Menyelesaikan
masalah sehari-hari yang berkaitan dengan baisan geometri
5.
Menentukan
jumlah n suku pertama deret aritmatika, jika unsur-unsur yang diperlukan
diketahui
6.
Menentukan
jumlah n suku pertama deret geometri, jika unsur-unsur yang diperlukan
diketahui
7.
Menyelesaikan
masalah sehari-hari yang berkaitan dengan deret aritmatika
|
||
2.
|
Memahami operasi bentuk aljabar,
konsep persamaan dan pertidaksamaan linier, persamaan garis, himpunan,
relasi, fungsi, sistem persamaan linier, serta penggunaannya dalam pemecahan
masalah.
|
1.
Menentukan
pemfaktoran bentuk aljabar.
|
1.
Menentukan
faktor persekutuan
2.
Menentukan
faktor selisih dua kuadat beentuk ax2 + by2
3.
Menentukan
faktor dari ax2 + bx + c
|
2.
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan persamaan linier atau pertidaksamaan linier
satu variabel.
|
1.
Menentukan
penyelesaian dari persamaan satu
variabel
2.
Menyelesaikan
masalah sehari-hari yang berkaitan dengan persamaan satu variabel
3.
Menentukan
penyelesaian dari pertidaksamaan satu variabel
4.
Menyelesaikan masalah sehari-hari yang
berkaitan dengan pertidaksamaan satu variabel
|
||
3.
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan himpunan
|
1.
Operasi
himpunan : irisan, gabungan, komplemen atau pengurangan dua himpunan
2.
Menyelesaikan
permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan operasi dua himpunan
|
||
4.
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan fungsi.
|
1.
Menentukan
domain, kodomain dan range
2.
Menunjukan
konsep fungsi
3.
Mentukan
grafik fungsi
|
||
5.
Menentukan
gradien, persamaan garis, atau grafiknya.
|
4.
Mentukan
gradien garis, jika persamaan garisnya diketahui
5.
Menentukan
gradien garis, jika gafiknya diketahui
6.
Menentukan
persamaan garis yang berpotongan tegak lurus dengan garis lain yang
persamaannya diketahui
7.
Menentukan
persamaan garis yang sejajar dengan
garis lain yang persamaannya diketahui
|
||
6.
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linier dua variabel.
|
1.
Menentukan
himpunan penyelesaian dari sistem persamaan linier dua variabel
2.
Menyelesaikan
permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan sistem persamaan linier dua
variabel
|
||
3.
|
Memahami konsep kesebangunan,
sifat dan unsur bangun datar, serta konsep hubungan antarsudut dan/atau
garis, serta menggunakannya dalam
pemecahan masalah.
|
1.
Menyelesaikan
masalah menggunakan teorema Pythagoras.
|
1.
Menghitung
panjang salah satu sisi segitiga siku-siku
2.
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan teorema pythagoras
|
2.
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan luas bangun datar.
|
1.
Menentukan
luas dari gambar gabungan dua bangun datar
2.
Menentukan
luas daerah dari dua bangun datar yang menumpuk
|
||
3.
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan keliling bangun datar.
|
1.
Menghitung
keliling dari gambar gabungan dua bangun datar
2.
Menyelesaikan
masalah sehari-hari yang berkaitan dengan keliling bangun datar
|
||
4.
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan kesebangunan atau kongruensi
|
1.
Menentukan
sisi atau sudut yang bersesuaian dari dua bangun yang sebangun
2.
Menyelesaikan
masalah sehari-hari yang berkaitan dengan kesebangunan
3.
Menentukan
syarat-syarat dari dua bangun yang kongruen
4.
Menentukan
panjang salah satu sisi dari dua bangun yang kongruen
|
||
5.
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan hubungan dua garis: besar sudut (penyiku atau
pelurus).
|
1.
Menentukan
besar salah satu sudut dari dua sudut yang saling berpenyiku jika salah satu
sudutnya diketahui
2.
Menentukan
besar sudut-sudut dari dua sudut yang saling berpenyiku jika perbandingan
besar sudutnya diketahui
3.
Menentukan
besar salah satu sudut dari dua sudut yang saling berpelurus jika salah satu
sudutnya diketahui
4.
Menentukan
besar sudut-sudut dari dua sudut yang saling berpelurus jika perbandingan
besar sudutnya diketahui
|
||
6.
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan garis-garis istimewa pada segitiga.
|
1.
Menunjukkan
garis berat, garis tinggi, garis bagi atau garis sumbu
2.
Menghitung
panjang garis tinggi dari segitiga jika diketahui sisi alas dan luasnya
diketahui
3.
Menghitung
panjang garis berat dari segitiga jika panjang ketiga sisinya diketahui
|
||
7.
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan unsur-unsur/bagian-bagian lingkaran atau
hubungan dua lingkaran.
|
1.
Menghitung
panjang busur jika diketahui besar sudut pusat dan jari-jari / diameternya
2.
Menghitung
luas juring jika diketahui sudut pusat dan jari-jari/diameternya
3.
Menghitung
panjang busur jika diketahui besar dua sudut pusatnya dan panjang salah satu
busurnya
4.
Menghitung
luas juring jika diketahui besar dua sudut pusatnya dan salah satu luas
juringnya
5.
Menghitung
panjang garis singgung persekutuan dalam
6.
Menghitung
panjang garis singgung persekutuan luas
|
||
Memahami sifat dan unsur bangun
ruang, dan menggunakannya dalam pemecahan masalah.
|
1.
Menentukan
unsur-unsur pada bangun ruang. .
|
1.
Menentukan
unsur-unsur dari bangun ruang sisi datar
2.
Menentukan
unsur-unsur dari bangun ruang sisi lengkung
|
|
2.
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan kerangka atau jaring-jaring bangun ruang.
|
1.
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan kerangka bangun ruang sisi datar
2.
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan jaring-jaring bangun ruang sisi datar
3.
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan kerangka bangun ruang sisi lengkung
4.
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan jaring-jaring bangun ruang sisi lngkung
|
||
3.
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan volume bangun ruang
|
1.
Menyelesaikan
masalah sehari-hari yang berkaitan dengan volume bangun ruang sisi datar
2.
Menyelesaikan
masalah sehari-hari yang berkaitan dengan volume bangun ruang sisi lengkung
|
||
4.
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan luas permukaan bangun ruang.
|
3.
Menyelesaikan
permasalahan yang berkaitan dengan luas permukaan bangun ruang sisi datar
4.
Menyelesaikan
permasalahan yang berkaitan dengan luas permukaan bangun ruang sisi lengkung
|
||
4.
|
Memahami konsep dalam statistika,
serta menerapkannya dalam pemecahan masalah.
|
1.
Menentukan
ukuran pemusatan atau menggunakannya dalam menyelesaikan masalah
sehari-hari.
|
1.
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan mean, modus atau median dari sebuah data
2.
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan mean, modus atau median dari sebuah data pada
tabel frekuensi
3.
Menafsirkan
data pada tabel frekuensi
4.
Menyelesaikan
masalah sehari-hari yang berkaitan dengan mean, modus atau median dari sebuah
data
|
2.
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan penyajian atau penafsiran data.
|
1.
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan pembacaan diagram batang
2.
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan pembacaan diagram garis
3.
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan pembacaan diagram lingkaran
|
||
5.
|
Memahami konsep peluang suatu
kejadian serta menerapkannya dalam pemecahan masalah.
|
3.
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan peluang suatu kejadian.
|
1.
Menentukan
peluang dari suatu kejadian
2.
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan peluang dari suatu kejadian
|
Jika Anda ingin mendapatkan Analisis Kisi-Kisi SOal UN 2013 Matematika SMP secara lebih lengkap bisa Anda download dengan meng-klik link berikut ini :
Jangan lupa juga membaca rangkuman materi, prediksi soal, pembahasan UN tahun-tahun sebelumnya dan berbagai mata pelajaran lainnya serta rumus cepat yang bisa Anda dapatkan di blog ini.
Selamat membaca dan semoga bermanfaat..