Dulu, saya seringkali searching di internet mencari modul Olimpiade Matematika SMA, namun sering kali gagal dan kalau pun ada modul yang saya dapatkan tetapi tidak memuaskan isi materi dan pembahasannya. Eehh tidak disangka beberapa hari lalu saya menemukan modul yang bagus yang ditulis oleh bapak Eddy Hermanto, ST.


Pada mulanya, tujuan saya mencari modul Olimpiade Matematika SMA ini dalam rangka mempermudah tugas dalam mempersiapkan siswa-siswa SMA menghadapi olimpiade matematika pada tahap-tahap awal. Terlebih lagi, saya merasa masih ada jurang pemisah yang cukup jauh antara siswa-siswa dari pulau Jawa dengan dari luar pulau Jawa. Masih sangat banyak siswa-siswa di luar pulau Jawa yang belum memahami persoalan-persoalan dasar di bidang Olimpiade Matematika sehingga mengalami kesulitan besar ketika akan menghadapi OSN. Dan uniknya lagi modul ini berusaha menjawab tentang persoalan-persoalan mendasar di bidang Olimpiade Matematika tersebut.

Nah bagi temen-temen guru atau pun siswa yang menginginkan modul Materi Dasar Olimpiade Matematika SMA bisa Anda download melalui link berikut ini :

Materi Dasar Olimpiade Matematika SMA

Oiya, saran saya bagi para guru pembimbing sebaiknya memberikan atau pun menyampaikan materi pendahuluan tentang pembuktian langsung maupun tidak langsung serta Strategi Penyelesaian Masalah (Problem Solving Strategies). Selain itu diharapkan para guru juga memberikan soal-soal pada tingkatan OSN pada kegiatan umpan balik yang dapat dilaksanakan setelah guru menyelesaikan materi pada setiap sub bab atau per bab pada modul ini guna mengetahui seberapa besar perkembangan dan daya tangkap siswa dalam mendalami materi.

Demikian yang mungkin bisa saya share guna membantu temen-temen guru atau siswa dalam mempersiapkan OSN. Semoga modul tersebut bisa bermanfaat bagi semua..

Aamiin..


3 comments:

  1. recomended bgt pak n ibu ini, selalu membuat sesuatu yang belum pernah terpikir oleh murid nya (y)
    mantep pak sampean org yg pertama ngajari dasar2 pembuatan blog kpda sya, matur suwun bgt geh pak atas ilmu plajaran ne sama blog nya :D
    lanjut kan pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sipp..
      Matur nuwun dah komen-komen di lapakku, Ngga..
      Yaa paling tidak dengan berbagi ilmu seperti ini akan menambah amalan kita untuk di akhirat nanti..
      Doakan saja semoga Bloguru ne jadi barokah yaa, aamiin..

      Tetep semangat ngeblog, oke..
      ^_^

      Hapus
    2. Oke..
      Tetap suemangat, cung..
      Hehe5..

      Hapus

 
Top