Suatu ketika anda menjadi penjual minyak tanah. Anda membawa 2 kaleng besar, masing-masing kaleng berukuran 30 liter dan kedua-duanya penuh berisi minyak. Di perjalanan ada 2 orang akan membeli minyak. Masing-masing akan membeli 2 liter, tetapi kaleng yang mereka bawa berukuran 5 liter dan yang lain berukuran 4 liter. Ketika anda melayani pembeli, anda tersadar bahwa anda lupa membawa alat pengukur (cantingan). Bagaimana anda menyelesaikan kasus ini tanpa harus pergi ke tempat lain?



PEMBAHASAN :

Misalkan kaleng yang kita bawa, yang masing-masing berisi minyak 30 liter, adalah kaleng A dan kaleng B, maka kaleng yang berukuran 5 liter adalah kaleng C dan kaleng yang berukuran 4 liter adalah kaleng D, sehingga langkah-langkah untuk membagi minyak adalah:
  1. Tuang minyak dari kaleng A ke kaleng C sampai penuh.
  2. Tuang minyak dari kaleng C ke kaleng D sampai penuh, kemudian tuang kembali minyak dari kaleng D ke kaleng A semuanya.
  3. Tuang sisa minyak di kaleng C (1 liter) ke kaleng D.
  4. Tuang miinyak dari kaleng A ke kaleng C sampai penuh.
  5. Tuang minyak di kaleng C ke kaleng D sampai penuh, kemudian tuang minyak di kaleng D ke kaleng A semuanya. C saat ini sudah berisi 2 liter minyak.
  6. Tuang minyak dari kaleng B ke kaleng D sampai penuh (4 liter).
  7. Terakhir tuang minyak dari kaleng D ke kaleng A sampai penuh, maka minyak yang tersisa di kaleng D adalah 2 liter.
Selesai tho..!!
^_^

 
Top