Pada posting sebelumnya saya telah membagikan Smart Solution UN Matematika SMA 2013 mengenai Logika Matematika. Dan kini saya akan membagikan file Smart Solution UN Matematika SMA 2013 tentang Pangkat, Akar, dan Logaritma. Pada indikator pangkat, akar dan logaritma pada pelaksanaan Ujian Nasional 2012 lalu muncul dua soal, yaitu satu soal tentang menyederhanakan bentuk pangkat dan satu soal tentang rasionalisasi bentuk akar.

Nah, untuk UN 2013 ini diperkirakan juga pada SKL 2 untuk indikator 1 masih akan terambil dua soal, ya nggak jauh-jauh lah dengan tahun kemarin. Kemungkinan besar logaritma akan muncul menggantikan bentuk akar yang setiap tahun selalu muncul. Namun, nggak ada salahnya juga untuk tetap belajar ketiga konsep yang diujikan di SKL ini.

Untuk bentuk pangkat, tipe soal yang sering muncul adalah menyederhanakan bentuk pangkat, maupun menentukan nilai dari bentuk pangkat dengan mensubstitusikan nilai variabel yang diketahui. Untuk bentuk akar, tipe soal yang sering muncul adalah menyederhanakan bentuk akar dan merasionalisasi penyebut bentuk akar. Dan yang terakhir untuk logaritma, kebiasaan soal tidak jauh-jauh dari mengubah bentuk logaritma menjadi bentuk logaritma lain yang sebelumnya telah diketahui pada soal.

File ini berisi logika praktis untuk mengerjakan soal tipe UN maupun SNMPTN sehingga mampu meminimalisasi penggunaan waktu saat mengerjakan soal UN maupun tes lainnya. File ini sudah disesuaikan dengan kisi-kisi UN 2013 terbaru yang diterbitkan oleh BSNP Indonesia.

Smart Solution ini berisi materi tentang :
- Bentuk Pangkat.
- Bentuk Akar.
- Logaritma.

Bagi siswa dan teman-teman guru yang membutuhkan file Smart Solution sebagai bahan pendamping untuk persiapan menghadapi Soal Ujian Nasional Matematika SMA 2013 bisa didownload pada link di bawah ini:

Smart Solution UN Matematika SMA 2013 - Pangkat, Akar dan Logaritma

Apabila ada pertanyaan mengenai pembahasan soal matematika bisa kok ditanyakan dengan menuliskan komentar Anda pada kolom komentar di bawah ini.

Selamat membaca dan semoga bermanfaat..!!

 
Top